PROPOSAL
SERVICE & MAINTENANCE I.T.
PT. Alfman IT Division
Dibuat Oleh :
* Alfonso T.
* Firmansyah
* Stephanus Anggoro
* Affandy Rey
* Dhimas Prasetyo
1. PENDAHULUAN
Sistem informasi yang lengkap dalam suatu perusahaan dapat terdiri dari infrastruktur
jaringan,
perangkat keras (hardware), software aplikasi-aplikasi seperti, sistem
informasi akuntansi dan keuangan, sistem pengawasan persediaan barang
(inventory control), serta sistem dan aplikasi lainnya yang saling
mendukung dalam menjalankan pekerjaan di perusahaan.
Infrastruktur
jaringan computer meliputi sistem transmisi dan distribusi data dari
computer utama (server) ke semua komputer (client) dalam jaringan lokal,
atau yang disebut LOCAL AREA NETWORK (LAN). Semua peralatan jaringan
dan hardware lain seperti, hub-switch, modem dan router internet yang
berfungsi dalam jaringan kerja tersebut.
Hardware dalam jaringan
meliputi komputer (PC), notebook, berikut perlengkapan lainnya seperti
printer, scanner, dan lainnya. Software aplikasi meliputi sistem operasi
pada komputer server dan komputer client, software aplikasi umum
perkantoran (office applications) lain seperti, Microsoft office,
Autocad, aplikasi Internet dan Email, dan software aplikasi khusus yang
digunakan sebagai penunjang berlangsungnya bisnis perusahaan seperti,
sistem akuntasi keuangan, dan system persediaan barang.
Setelah sistem informasi tersebut berjalan dalam perusahaan, adalah tugas penting untuk
memeliharan
dan memonitoring sistem tersebut agar selalu berjalan dengan baik.
Secara rutin harus dilakukan pemeriksaan kondisi jaringan komputer
terhadap server, dan komputer lain beserta software aplikasinya,
pemeriksaan transmsisi dan distribusi data dalam sistem pengkabelan
jaringan.
Permasalahan dalam jaringan komputer dapat berupa masalah koneksi data dalam jaringan
yang disebabkan oleh kabel transmisi yang rusak, kerusakan software aplikasi dan yang dapat
disebabkan oleh virus, kerusakan data ataupun hal lainnya.
2. SOLUSI & LAYANAN
Pemeliharan sebuah sistem informasi perusahaan yang merupakan jaringan komputer
sebagian
besar sangat bergantung kepada ketersediaan sumber daya di bidang
teknologi informasi / IT yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan
kebutuhan sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan.
Sumber
daya manusia ataupun sumber daya lainnya haruslah dapat dihandalkan dan
dipercaya mampu memberikan pelayanan terbaik dalam proses pemeliharaan
sistem agar dapat
menunjang kelangsungan proses kerja dalam perusahaan.
PT. Alfman IT Division menawarkan layanan dan solusi di bidang teknologi informasi
dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang IT. Semua solusi dan layanan
menyeluruh diberikan secara lokal di lokasi kerja pelanggan atau secara remote melalui aplikasi
terkait.
Adapun Jenis layanan dan solusi yang kami berikan antara lain:
System Back-Up & Recovery
1. Memonitor dan mengatur back-up data dalam jaringan LAN.
2. Menjamin kelangsungan sistem jaringan, keamanan data, dan sistem penyimpanan atau dokumentasi data.
System Troubleshooting & Optimization
1. Menginstal, mengkonfigurasi, dan memelihara komputer Server, clients, dan perangkat
jaringan komputer lainnya seperti, hub-switch, router dan modem internet.
2.
Menginstal, troubleshooting, dan memperbaiki koneksi yang ada dalam
sistem transmisi dan distribusi dalam jaringan kerja local / Local Area
Network.
3. Mensupport, memonitoring, dan melakukan test terhadap
troubleshooting problem hardware dan software yang bersinggungan dengan
semua perangkat dalam sistem jaringan komputer.
4. Mengatur pemasangan, pemeliharaan, support dan upgrade dari server, desktop / laptop, software dan operating system.
System Upgrade & Security
1. Menginstal sistem-sistem baru, perlengkapan pendukung, yang berhubungan dengan peningkatan kinerja jaringan komputer.
2.
Menginstal dan melakukan update secara berkala terhadap aplikasi
anti-virus, anti-spyware, dan aplikasi lain yang berfungsi melindungi
sistem dan komputer dari kerusakan yang diakibatkan oleh program-program
perusak seperti virus dan lainnya.
Training & Consultation
1. Menyediakan dukungan dan konsultasi untuk end-user di lingkungan komputasi desktop atau client.
2. Menyediakan dukungan dan konsultasi untuk end-user untuk semua aplikasi-aplikasi berbasin LAN.
3.
Memberikan pengarahan dan konsultasi kepada user dan operator pengguna
komputer, sehingga dapat mengoperasionalkan komputer sesuai dengan
prosedur penggunaan yang baik dan benar.
Dengan sistem perawatan dan pemeliharaan sebagai berikut:
1. On-Site Visit Schedule
2.
Kunjungan dari layanan dan solusi secara berkala dan terjadwal setiap 2
(dua) x kunjungan dalam 1 (satu) bulan dengan waktu selama 7 (tujuh)
Jam kerja.
3. Tenaga Ahli akan melakukan pemeliharaan dan
memberikan layanan secara terstruktur sesuai dengan layanan dan solusi
yang kami sebutkan diatas.
4. Kunjungan untuk memberikan layanan
dan solusi dilakukan pada hari kerja antara hari Senin sampai dengan
hari Jumat, atau pada hari Sabtu (jika telah disepakati oleh perusahaan
dan PT. Alfman IT Division).
5. On-Call Service Support
1.
Memberikan layanan secara on-call melalui telepon selama hari dan jam
kerja (Senin – Jumat, mulai pukul 08.30 – 17.00 wib) terkecuali hari
libur.
2. Memberikan response dan solusi terhadap permasalahan
paling lambat 1 (satu) jam setelah permintaan penyelesaian masalah
diterima melalui telepon.
3. Layanan akan diterima langsung oleh
tenaga ahli technical support yang akan memberikan panduan atau solusi
untuk melakukan perbaikan terhadap perangkat keras atau software
aplikasi pada sistem jaringan agar mempersingkat waktu troubleshooting.
4. Emergency Support
1.
Layanan dan solusi yang diberikan dalam keadaan darurat, dimana
perusahaan pelanggan mempunyai permasalahan dalam sistem IT yang harus
diselesaikan oleh tenaga ahli technical support yang harus datang ke
lokasi perusahaan diluar jadwal dan waktu layanan “On-Site Visit
Schedule”.
2. Layanan dan solusi Emergency support diberikan dan
dipergunakan maksimal 1 (satu) x dalam 2 (dua) bulan hari kerja atau 6
(enam) kali dalam setahun masa kontrak servis.
3. Layanan dan
solusi Emergensy Support diberikan langsung dilokasi kerja dengan waktu
kerja maskimal 4 (empat) jam dalam 1 (satu) hari panggilan.
4. Emergency Support tidak berlaku diluar jam kerja dan hari libur.
3. KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH
Dengan
melakukan kontrak pemeliharaan sistem teknologi informasi IT dengan PT.
Alfman IT Division, maka perusahaan anda akan memperoleh berbagai
keuntungan seperti:
1. Perusahaan cukup berkonsentrasi dalam
melakukan langkah-langkah strategis untuk memajukan bisnis yang
dijalankan dan tidak perlu lagi berfokus pada pemeliharaan dan
pengembangan sistem informasinya, karena telah ada pihak yang akan
mensupport
perusahaan dengan sumber daya dan tenaga yang handal dan berpengalaman dibidangnya serta dapat dipercaya.
2.
Sumber daya manusia yang disediakan tidak perlu mendapat fasilitas
sebanyak layaknya karyawan yang sebenarnya dari perusahaan, seperti
asuransi kesehatan, uang transport uang makan, tunjangan hari raya, dan
tunjangan karyawan lain-lain.
3. Mendapatkan layanan pemeliharaan
sistem dari tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional
dengan spesialisasi berbagai macam disiplin ilmu dalam bidang IT.
4. Menghemat waktu dan biaya untuk mencari tenaga kerja baru di bidang IT.
5.
Meningkatkan kinerja karyawan lain dengan tetap focus di bidang
pekerjaannya masingmasing tanpa perlu memikirkan masalah-masalah
operasional dalam penggunaan computer dan jaringan sistem informasi di
perusahaan.
6. Mendapatkan bantuan konsultasi untuk memecahkan
masalah operasional dan global dalam bidang IT yang dihadapai oleh
perusahaan dan bantuan dalam pembuatan perencanaan untuk pengembangan
sistem informasi dan jaringan komputer lebih lanjut sesuai kebutuhan
perusahaan.
4. BIAYA JASA PELAYANAN
Biaya
dari pelayanan dan solusi maintenance & service IT. selama jangka
waktu 1 (satu) tahun masa berlakunya kontrak servis adalah:
Rp. 10.000.000 ,-/ 1 bulan
5. FORTFOLIO
PT.
Alfman IT Division memiliki keahlian dan pengalaman untuk memberikan
layanan dan solusi untuk mendukung teknis pekerjaan pada berbagai
permasalahan dalam perawatan dan
perbaikan sistem jaringan komputer dan berbagai permasalahan di bidang IT lain.
PT.
Alfman IT Division telah memberikan jasa layanan dan solusi maintenance
bidang IT terhadap perusahaan-perusahaan besar lain, beberapa
diantaranya adalah:
* PB. Perbakin Indonesia
* PT. Sinar Elektronika SEB
* PT. Sinar Elektrindo Perkasa
* PT. Universal Laserindo
* Indogama Perkasa
* PT. Kifa Citra Pratama
Contact Us:
PT. Alfman IT Division
Jl. Margonda Raua No. 271, Depok
Telp. (021) – 548 2347
Fax. (021) – 548 2819
Email: info@Alfman.com http://www.Alfman.com
> Rincian Biaya Untuk Membangun Bisnis Bidang IT SERVICE & MAINTENANCE I.T.
> Software Back-Up & Recovery Business Edition “Symantec” @ $1,162.66 (2 years Essential license Support)
>
Berbagai Software yang dibutuhkan untuk setiap keperluan MAINTENANCE
Rp.8.000.000,- (tergantung ada software keluaran terbaru dan pembelian
berkala lisensi software)
> Teknisi berpengalaman di berbagai keperluan Service dan MAINTENANCE @ Rp.5.000.000 / 1 bulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar